Berikut Ini Tips, Apa Yang Anda Lakukan Jika Motor Terendam Banjir

Berikut Ini Tips, Apa Yang Anda Lakukan Jika Motor Terendam Banjir

madalinstuntcars2.net – Musim hujan memang sudah mulai melanda beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya DKI Jakarta. Sayangnya, beberapa wilayah di DKI Jakarta masih saja terendam banjir.

Salah satu kerugian yang dialami warga ketika banjir adalah terendamnya kendaraan, misalnya motor. Ketika sepeda motor terendam banjir, jangan coba untuk langsung menyalakan mesinnya.

Jika memaksa untuk menyalakan mesin electric motor, sekalipun bisa menyala, bisa berujung kerusakan. Hal ini dikarenakan bisa saja ada komponen pada electric motor yang tidak terlihat namun ikut terendam.

Technical Solution Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, salah satu komponen yang harus diperhatikan sebelum menyalakan mesin motor yang terendam adalah cek businya.

Berikut Ini Tips, Apa Yang Anda Lakukan Jika Motor Terendam Banjir

“Jika busi kemasukan air, maka tidak ada api di ruang bakar. Sementara bila dipaksa, ada kemungkinan air naik dan masuk ke ruang mesin,”kata dia kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Selain itu, sistem kelistrikan motor juga bisa terendam, jika mesin dinyalakan paksa, komponen tadi bisa ikut rusak. “Lalu, baterai dan komponen kelistrikan motor yang masih banyak air juga bisa korsleting. Kerusakannya merambat,”ucap Endro.

Kemudian, air yang sudah masuk ke ruang mesin pasti tercampur dengan oli jika sepeda motor dinyalakan. Efeknya, oli terlihat seperti susu, menjadi putih, yang tentunya kemampuan pelumasannya berkurang yang berujung kerusakan mesin.

Berikut Ini Tips, Apa Yang Anda Lakukan Jika Motor Terendam Banjir

“Kalau pemilik kendaraan mempunyai kemampuan, bisa dilakukan pemeriksaan komponen sendiri. Mulai dari bagian kelistrikan, saringan udara, busi, knalpot, baterai, sampai karburator jika motornya belum injeksi,”katanya.

Sebaiknya pemilik mencari tempat kering untuk membiarkan air yang membasahi berbagai bagian motor keluar dengan sendirinya. Lalu, bersihkan pula busi menggunakan kain kering dan bersih.

“Kendati demikian, menghubungi bengkel resmi terdekat merupakan rekomendasi paling aman dan terbaik supaya electric motor tetap dalam keadaan prima,”kata dia.

Leave a Reply