Diskon Pajak, Harga Mobil Daihatsu Hingga Rp 17 Juta

Daihatsu Cetak Penjualan 177.558 Unit pada 2019 - Otomotif Bisnis.com

JAKARTA – Relaksasi pajak mobil baru mulai berlaku hari ini, Senin (1/3/2021). Beberapa pabrikan sudah meng-update price list mobil-mobil yang kena diskon pajak mobil baru.

Salah satunya adalah Daihatsu. Menurut Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, ada empat model Daihatsu yang terdampak diskon pajak mobil baru itu. Hal itu sesuai dengan lampiran pada Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 yang ditandatangani 26 Februari 2021.

Adapun mobil-mobil Daihatsu yang kena diskon pajak mobil baru antara lain Daihatsu GranMax Minibus, Daihatsu Luxio, Daihatsu Xenia dan Daihatsu Terios.

Berikut detail penurunan harga mobil Daihatsu berkat diskon pajak mobil baru seperti disampaikan Hendrayadi kepada detikcom, Senin (1/3/2021):

  1. Daihatsu GranMax Minibus: turun mulai dari Rp 11,3 juta sampai Rp 12,2 juta
  2. Daihatsu Luxio: turun mulai dari Rp 13,65 juta sampai Rp 15,4 juta
  3. Daihatsu Xenia: turun mulai dari Rp 12,2 juta sampai Rp 14,75 juta
  4. Daihatsu Terios: turun mulai dari Rp 14,45 juta sampai Rp 17,25 juta.

“Rentang penurunan harga tersebut mulai dari varian terendah hingga yang tertinggi dari masing-masing modelnya,” kata Hendrayadi kepada detikcom, Senin (1/3/2021).

Menurut Hendrayadi, penurunan harga itu belum termasuk diskon harga mobil yang biasa diberikan oleh dealer-dealer. Jadi, kemungkinan potongan harga mobil Daihatsu akan semakin besar ditambah diskon dari dealer.

Diskon pajak mobil baru ini memang diharapkan bisa mendongkrak penjualan mobil sehingga membangkitkan industri otomotif yang sempat anjlok karena pandemi COVID-19.

Namun, Hendrayadi belum bisa memastikan seberapa besar peningkatan penjualan berkat diskon pajak mobil baru ini.

“Kami masih belum dapat memperkirakan berapa besar kenaikan penjualannya, mengingat harga baru tersebut baru berlaku hari ini, jadi kami masih akan memantau dulu bagaimana reaksi pasar dalam sepekan ini.

Namun kami yakin penurunan harga ini akan menstimulus calon konsumen untuk membeli lebih cepat, agar mereka memastikan dapat menikmati penurunan harga yang cukup signifikan di periode saat ini,” kata Hendrayadi.

Leave a Reply