Inilah Manfaat Yang Didapat Jika Anda Mengganti Oli Mesin Secara Teratur

Inilah Manfaat Yang Didapat Jika Anda Mengganti Oli Mesin Secara Teratur

madalinstuntcars2.net – Setiap kendaraan bermotor wajib melakukan ganti oli mesin sesuai yang direkomendasikan oleh pabrikan. Tujuannya, untuk tetap menjaga performa mesin agar tetap optimal.

Ternyata bukan hanya menjaga performa mesin saja, mengganti oli mesin secara berkala sesuai dengan waktunya memiliki banyak manfaat. Seperti yang dijelaskan oleh Nurudin.

Menurut dia, secara umum ada 5 keuntungan yang didapat oleh pemilik kendaraan terutama electric motor yang melakukan penggantian oli secara rutin dan tepat waktu. Keunggulannya adalah sebagai berikut:

Suhu Mesin Terjaga

Tentunya jika sering ganti oli secara rutin, suhu mesin menjadi lebih terjaga karena komponen dilumasi secara maksimal.

Sebagai contoh, produk oli untuk motor matik Federal Oil ada teknologi Head Security Formula yang mengatur suhu panas mesin 2 kali lebih efektif dan membuat suhu mesin menjadi stabil.

Komponen Mesin Lebih Awet

Keuntungan kedua, yaitu komponen mesin menjadi lebih awet karena sistem pelumas yang baru akan bekerja maksimal menjaga komponen. Gunakan produk yang sudah terbukti dan bisa memberikan jaminan, atau perlindungan maksimal terhadap gesekan.

“Kalau minim gesekan, tentunya komponen yang dilumasi oleh pelumas itu kerjanya menjadi ringan dan membuat komponen tersebut menjadi awet,”kata Nurudin – Technical Trainer PT ExxonMobil Lubricants Indonesia di Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Hemat Bahan Bakar

Tentu berkaitan dengan gesekan, otomatis jika gesekan rendah maka kinerja mesin akan menjadi ringan. Pemakian bahan bakar pun menjadi hemat.

Performa Mesin Terjaga

Keuntungan selanjutnya, yaitu performa mesin menjadi terjaga atau optimal. Pada pelumas yang ada teknologi Visco Elastic Molecules, untuk menigkatkan kinerja dan akselerasi mekanikal atau tarikannya menjadi ringan.

Biaya Perawatan Ringan

Menurut Nurudin, tentunya dengan advantage diawal tadi, otomatis biaya perawatan sepeda motor pun menjadi ringan karena sering mengganti oli sesuai dengan periode yang direkomendasikan.

“Kita merekomendasikan penggantian oli itu di kilometer 2.000 atau 2 bulan, mana yang lebih dulu tercapai. Lakukan sesuai itu agar kinerja mesin dan komponen serta biaya perawatan menjadi ringan,”ucap Nurudin.

Leave a Reply