Kenapa AC Tidak Dingin? Apakah Karena Kurang Freon? Berikut Penjelasannya

Kenapa AC Tidak Dingin? Apakah Karena Kurang Freon? Berikut Penjelasannya

madalinstuntcars2.net – Sebagai fitur penunjang kenyamanan pengemudi maupun penumpang, peran Air Conditioning dalam kabin terbilang Vital. Bukan hanya sebagai pengatur suhu udara dalam kabin, AC juga berguna dalam mencegah kaca mobil tidak mudah berembun saat sedang menerabas hujan.

Keluhan akan Air Conditioner mobil yang sudah dirasa tidak dingin umum ditemukan. Menurut sebagian orang awam, Air Conditioner yang tidak dingin kerap diasosiasikan dengan freon yang berkurang. Sehingga beberapa orang beranggapan pengisian freon jadi solusi ketika AC sudah mulai tidak dingin.

Padahal, asumsi tersebut kurang tepat. Nugroho, Kepala Bengkel Suzuki Mobil Pabelan menjelaskan bahwa Air Conditioner mobil yang tidak dingin bisa disebabkan oleh banyak hal, tidak sesederhana akibat kurang freon.

Kenapa AC Tidak Dingin? Apakah Karena Kurang Freon? Berikut Penjelasannya

Ia pun menjelaskan bahwa freon tidak akan mudah berkurang, atau bahkan habis. Jika memang terjadi hal semacam itu, bisa jadi ada komponen pada sistem AC yang rusak atau bocor.

“Tidak selalu mobil yang AC-nya kurang dingin harus melakukan pengisian freon, karena penyebab Air Conditioner tidak dingin ada bermacam-macam. Soal freon, saya sependapat bahwa freon habis kemungkinan besar karena adanya kebocoran,” kata Nugroho kepada kami, Rabu (22/9/2021).

Jika memang freon berkurang, maka solusinya tidak hanya ditambah. Teknisi pasti melakukan pengecekan sistem Air Conditioner untuk memastikan penyebab freon bisa berkurang. Sebab hal tersebut merupakan prosedur standar yang umum dalam bengkel.

Guna menghindari kerusakan hingga bocor pada sistem AC mobil, pemilik mobil memang perlu melakukan servin rutin sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Servis rutin juga termasuk melakukan pembersihan sejumlah komponen dalam A/C seperti motor blower, evaporator, dan kondensor.

Nugroho menjelaskan, perawatan rutin untuk Air Conditioner mobil sudah menjadi satu paket dengan servis keseluruhan mobil tiap interval 40.000 kilometer atau 2 tahun.

Leave a Reply