SUV Pajero Sport Tidak Dapat Diskon Pajak, Pihak Mitsubishi Kecewa Berat

Adu Spesifikasi New Mitsubishi Pajero Sport 2021 vs Toyota Fortuner, Mana  Lebih Unggul? - Pikiran-Rakyat.com

Madalinstuntcars2.net – Mitsubishi Motors Indonesia mengungkapkan rasa kecewanya, lantaran model SUV andalannya, Pajero Sport, tidak masuk dalam daftar mobil penerima relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang dikeluarkan Kementerian Perindustrian.

Daftar kementerian itu berisi 29 model mobil yang mendapat relaksasi pajak berupa diskon PPnBM ini. Daftar ini bertambah dari semula 21 mobil, karena kementerian menambah persyaratan kapasitas mesin 1.500 cc hingga 2.500 cc, dari sebelumnya maksimal 1.500 cc.

Dengan daftar baru itu, maka model Mitsubishi yang mendapat relaksasi pajak itu tetap, tanpa Pajero Sport, yakni Xpander, Xpander Cross, dan Livina.

“Model Pajero Sport tidak mendapat relaksasi pajak untuk model 2.500 cc. Terus-terang kami kecewa, model kami tidak masuk dalam program relaksasi ini.

Karena masalah local purchase atau lokal kontennya,” kata Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat media gathering secara daring, kemarin (6/4).

Menurut Nakamura, sebagai pihak manufaktur Mitsubishi di Indonesia, PT MMKI, sudah berupaya maksimal untuk meningkatkan tingkat komponen lokal atau local ratio model Pajero Sport secara bertahap.

Namun, hal itu tetap saja belum memenuhi guideline maksimal yang ditentukan oleh pemerintah.

Nakamura enggan menyebutkan ecara pasti tingkat kandungan lokal Pajero Sport.

Dalam Keputusan Menteri Perindustrian No 839 Tahun 2021 itu, syarat mobil untuk mendapat relaksasi PPnBM adalah diproduksi di dalam negeri dengan komponen lokal 60 persen, lebih rendah dari sebelumnya 70 persen.

Total ada empat mobil berkapasitas 1.500 cc hingga 2.500 cc yang dapat insentif pajak, yakni Toyota Kijang Innova, Fortuner, Honda HR-V 1.8L, dan CR-V 2.0L.

Namun, MMKSI enggan bersedih, karena sudah menyiapkan program penjualan Pajero Sport yang menarik di April sebagai kompensasi dari tidak masuknya model ini sebagai penerima relaksasi PPnBM.

“Kami telah memulai sales program yang lebih baik lagi. Mulai April 2021 khusus untuk Pajero Sport.

Sehingga konsumen yang ingin beli Pajero Sport tetap dapat benefit dan diuntungkan dengan program sales ini dengan cashback jutaan rupiah yang bisa ditanyakan di diler resmi kami,” pungkas dia.

Leave a Reply